[Spring in Korea] Day 5: Palace & City Tour (Deoksugung Palace, Gyeongbokgung Palace, Gwanghwamun Square, Bukchon Hanok Village, Insadong street, Cheonggyecheon Stream & Plaza, Dongdaemun Market, Han River

25 April 2015

냥냥냥~ Day 5!

Jpeg

Di hari kelima kami fokuskan untuk city tour dengan mengunjungi palace yang ada dipusat kota. satu hal yang bikin gw salut sama negara ini yaitu kekonsistenan mereka untuk menjaga kebudayaannya. Gw takjub sekali melihat kebudayaan tradisional diantara modern nya kota ini. Palace-palace saling berdampingan dengan gedung-gedung tinggi yang berdesain modern. Menurut gw, cara mereka menjaga kebudayaannya patut di acungi jempol.

Noted: Gw disini muter-muter sih, kebiasaan banget males baca peta dan nyusun rencana sematang mungkin sebelum jalan.

Gw berangkat dari guest house jam 8.30 pagi! wow abis dapet tangan dari Jinyoung jadi semangat lagi LOL. Tempat pertama yang dikunjungi yaitu Deoksugung Palace. Biaya tiket masuknya yaitu, 1000 won per orang dewasa.

Directions (from visitkorea’s web):
[Subway]
City Hall Station (Seoul Subway Line 1, 2) and Exit 1, 2 or 3.

[Bus]
Get off at In front of City Hall.Deoksugung Palace Bus Stop.
– Green Bus No. 1711, 7016, 7022,
– Blue Bus No. 103, 150, 401, 402, 406, 604, N16

d5-3

Deoksugung palace front and inside

d5-4

Sampe sana sebenarnya masih terhitung terlalu pagi, karena gak terlalu rame. Nah, kebetulan ada turis luar yang bawa guide, so gw ikutin aja mereka buat ikut dengar penjelasan tentang palace nya. tapi karena bosen akhirnya cabut hahahaa, anaknya gak sejarah banget wkwkwkwk.

d5-5

Changing of the Royal Guards Ceremony

Kebetulan jam 11 kami masih ada disana, dan akan ada upacara pergantian penjaga. Karena ini hal yang sangat gw tunggu-tunggu, pangen baget lihat ini secara langsung. Keren banget berasa lagi nonton drama saeguk lol.

b612-2015-04-25-11-06-56

Changing of the Royal Guards Ceremony

Setelah puas melihat upacara pergantian penjaga. Kami melanjutkan perjalanan, tapi sebelumnya lunch dulu didekat area palace. Anginnya lagi kenceng saat itu dan cuaca sudah mulai hangat. sebelum-sebelumnya jam segini masih dingin soalnya hahaha..

d5-6

Gw suka banget tatanan kota disana, rapi, bersih dan tentunya banyak taman bunga dimana-mana huhuhu… gw suka banget sama taman-taman bunga. jadi jangan heran postingan gw pasti ada bunganya lol.

capture-20170120-163811

Gw makan di Halmeoni Guksu disebelah kanan palacenya ada jalan yang kayaknya sering banget dipake syuting di drama-drama korea. coba aja lihat ya kan??

b612-2015-04-25-12-05-59

Gw sebenarnya cuma pesen nasi goreng telur (jauh2 ke KR makannya nasi goreng jugak lol abis bingung pusing nyari yang bisa gw makan), tapi as you know kalo makanan korea itu kan mau pesan apapun, pasti dapet side dish. Nah, gw dapet semangkuk Dubu Guksu (Noodle with Tofu). Lumayan banget kan jadi banyak hahaha.. Untuk rasanya, parah enak sik menurut gw ya..

Setelah makan, kami menuju Gyeokbukgung palace. Gw sebenernya ga tau jalan, terus ngandelin mbah googling, katanya bisa jalan kaki dari sini. yaudah dong gw jalan kaki ikutin direction. sempet masuk ke Lotte Mall juga buat buang air kecil LOL.

d5-7

Jalanan menuju Gwanghwamun Square

Jam 1 siang kami tiba di Gwanghwamun square, wow rame banget maklum hari sabtu. Dan kebetulan disana lagi ada peringatan 1 tahun tenggelamnya kapal sewol.

b612-2015-04-25-12-41-36

Peringatan Sewol Ferry

Sebelum tiba di Gyeokbukgung palace, gw main-main dulu di Gwanghwamun square, disitu ada Statue of Admiral Yi Sunshin, Statue of King Sejong, and Gwanghwamun Museum.

Jpeg

Statue of Admiral Yi Sunshin

Jpeg

Statue of King Sejong

Karena saat itu mataharinya udah mulai terik, ceilaaah udah 4 hari ga ngerasain panasnya matahari jadi sombong pas matahari mulai sedikit terik hahaha, ya kemaren2 itu masih dikisaran 10-12 derajat. Hari ini tembus 18 derajat wkwkwk. Oya gw lupa, Kebetulan pas gw sampe sana lagi ada free hanbok experience. Mumpung free ye kan dicobalah semua yang free2 dan bermanfaat.

d5-12

Free hanbok experieance

Setelah mencoba free hanbok, gw masuk ke Museum Gwanghwamun, cuma sebentar aja sih muter2 disini.

Finally~ reach the palace!!!! Kalo kata perumpaan belum afdol, kalo ke Jakarta gak mampir ke Monas. Nah sama, belom afdol kalo ke Seoul belom nyampe Gwanghwamun sini terlebih lagi Gyeokbukgung palace. Fee entry nya sebesar 3,500 won per Adult. Gw beli tiket yang biasa aja karena memang gak pengen mengunjungi 4 palace, sebelumnya juga gw udah mampir ke Deoksugung palace.

d5-8

Outside & Inside Gyeokbukgung palace

Gila, gak rekomen banget kesini hari sabtu. Parah rame banget! dan kebetulan lagi ada acara juga, gw kurang faham acaranya apa, tapi kayak pawai gitu keliling kota. dan start point nya dari Gyeokbukgung palace ini.

d5-10

Onara-onara aju unda~ Lah jadi nyanyi The Janggeum OST 

Karena gw udah pusing banyak banget orang didalem gwanghwamun dan udah capek keliling didalem akhirnya kami memutuskan jalan lagi menuju Buckhon Hanok Village.

Again! untuk menuju kesini gw jalan kali lagi hahahahaha. Di negara orang gw hobi banget jalan kaki.

Jpeg

Spotted National Museum of Modern and Contemporary Art, Seoul

Jadi, Gw sebenarnya sudah mengikuti rute maps, dan gw udah masuk di area Samcheodong. Disini tempatnya asik banget buat hangout karena ada banyak cafe dan gallery. Kalian bakal sering ketemu muda-mudi seoul yang lagi ngegahol disini lol. Sebenarnya untuk menuju Bukchon village tinggal beberapa langkah lagi dari area ini. Tapi entah kenapa gw salah belok kayanya jadi masuk ke area cafe dan gallery yang lebih dalam LOL. Pusing banget karena suasananya rame banget! gilak sabtu sis soalnya! Karena capek akhirnya mampir ngemil di salah satu toko odeng. My fav!

Jpeg

Jujur, lebih enak odeng yang gw beli di Busan Odeng

Awalnya mau give up, tapi sayang banget kalo ke KR gak mampir ke Bukchon village. akhirnya gw lanjutin lagi jalannya hahaha. and jjjan!!! found it!

Jpeg

Bukchon Hanok village photo spot!

20150425_165153

Rumah2 nya unik banget khas traditional korea

Again! gw gak rekomen kesini weekend sumpah padet banget, lo mau foto di photo spot juga jatohnya gak oke. Karena akan banyak orang berlalu lalang disini. Gw aja sampe take berkali-kali dan akhirnya nyerah HAHAHA.

Dari sini gw udah bingung mau kemana lagi, akhirnya gw coba jalan ke Insadong. Insadong street semacam myeongdong lah, kebetulan ada titipan adek gw yang belum ke beli, sambil liat2 jalan disini. Setelah itu, gw lanjut ke Cheonggyecheon Stream & Plaza.

Sebenarnya rute Cheonggyecheon Stream ini panjang sekitar 2,9km. Jadi lo bisa pilih aja mau start dari mana. Gw sendiri karena dari Insadong, gw mulai dari Samilgyo Bridge, Insadong.

Tour Course Information
Route 1 (Distance: 2.9 ㎞/Duration: 3 hours)
Cheonggyecheon Plaza – Gwangtonggyo Bridge – Samilgyo Bridge (Jongno, Insadong) – Ogansugyo Bridge (Dongdaemun Fashion Town) – Saebyeokdari (Bridge of Dawn; Gwangjang Market, Bangsan Market) – Supyogyo Bridge

Route 2 (Distance: 2.6 ㎞/Duration: 2.5 hours)
Cheonggyecheon Culture Center – Gosanjagyo Bridge – Dumuldari Bridge – Malgeunnaedari Bridge – Ogansugyo Bridge (Dongdaemun Fashion Town)

JpegJpeg

Seoul ini rupanya memang pintar menata kotanya. Seharian ini gw ngerasa panasnya seoul, udah jalan seharian gw ngerasa penat banget pas sampe sini adem banget, sejuk banget. Kalo di Jakarta ada tempat beginian / mungkin gw kerja di sini gw pasti bakal sering mampir kesini. Nyaman banget! kayak lo lagi pusing sama kerjaan dan lo mau menenangkan atau sekedar breathaking, sekedar duduk sambil baca novel disini enak banget. Ditempat ini gw merasakan yang namanya kenyamanan dan keteduhan diantara pusat kota.

Activity Information
* Ecology exploration, hands-on programs run all year round.
* Covered Structure Exploration – Exploration the inside of covered structures at Cheonggyecheon Stream (10 min with guide)
– Venue: 50m from Samilgyo Bridge at Cheonggycheon 2-ga

Foto pertama itu seharusnya kalo malem bagus, lampu-lampunya kelihatan. tapi karena jam 7.00 PM disini masih terang jadi putih gitu doang deh hahaha.

Finally sampe di plaza nya. Sayang banget sampe sana masih nanggung, dan belum terlalu gelap. jadi lampu keong nya belum nyala LOL.

20150425_192216

Cheonggyecheon Plaza

Berhubung temen gw masih pengen beli sesuatu, kami melanjutkan perjalanan ke Dongdaemun Market. (berhubung Handphone udah mati, jadi ga ada pics nya).

Sampe di Guest house jam 10.30 PM KST. Setelah selesai mandi, dan rendam kaki pake air hangat, ada satu tempat yang emang pengen gw datengin dengan menggunakan sepeda. Kebetulan hostel gw menyediakan free bike. Udah murah, nyaman, banyak free nya, nyaman banget hahaha.

Akhirnya Jam 00.00 KST kami meluncur ke Han river yang dekat dengan hostel kami, yaitu Mangwon Han river.

img_20150426_003549

Let’s Go!

Yeay sampe juga setelah sekitar 15 menit mengayuh sepeda. Dream come true!!!! Thanks to Allah for this opportunity..

Jpeg

Han river in Mangwon (01.30 AM)

Gw kira sepi, ternyata gak sepi2 banget hahaha, msh banyak orang yng ngumpul di sevel, sekedar memancing, ada yang lagi piknik, ada yang lagi olahraga! Lari dini hari begini, kalo di Jakarta mah gw masih bobok kali. Tentram banget duduk disini. Dingin sih memang karena gw cek cuaca saat itu 1 derajat.

Gw bener-bener gak nyesel sama pengalaman yang satu ini, sederhana memang cuma ingin bersepeda di han river malam-malam *yak korban drama* dan memang terbukti nyaman dan tenang banget sambil rumpi-rumpi cantik sama temen LOL.

img_20150426_005447

ini cuma mau lihat air kok,, gw masih sayang diri gw sendiri 😀

KKEUT FOR DAY5

—–o0o—-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s